Tips Mengatur Keuangan Keluarga

 

Setiap orang pastinya menginginkan keuangan yang aman hingga akhir bulan. Tapi adakalanya juga belum sampai akhir bulan uang sudah menipis. Lalu apakah yang bisa kita lakukan untuk mengatasi hal ini? Berhemat mungkin itu adalah jawabannya. 

Ya benar berhemat bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa kita lakukan agar keuangan bisa tetap aman. Tetapi selain berhemat ada beberapa cara lain yang bisa kita lakukan. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatur keuangan. 

Tips mengatur keuangan 

Bayar semua kebutuhan pokok didepan

Setelah gajian, hal pertama yang harus kita lakukan adalah membayar semua kebutuhan pokok didepan. Seperti biaya listrik, anak sekolah, dan biaya makan selamat satu bulan. Kebutuhan pokok ini memang harus dibayar didepan sebab jika tidak kita akan kerepotan dan juga pikiran tidak tenang. Dengan dibayar didepan makan pikiran lebih tenang sehingga kita bisa aktivitas dengan nyaman. 

Siapkan anggaran untuk jajan

Ketika kebutuhan pokok sudah terpenuhi. Selanjutnya adalah menganggarkan dana untuk jajan. Anggaran jajan yang dimaksud adalah anggaran untuk makan bareng keluarga diluar ataupun anggaran untuk jalan-jalan. Dengan menyiapkan anggaran untuk jajan maka kita bisa lebih mudah untuk mengatur keuangan. Karena semua kebutuhan dananya kita persiapkan

Siapkan anggaran tak terduga

Selain itu juga, yang tidak kalah penting adalah menyiapkan anggaran tak terduga. Untuk anggaran tak terduga ini kita bisa menyisihkan 10 persen dari pendapatan kita. Anggaran tidak terduga ini juga tidak kita gunakan maka bisa gunakan untuk tabungan. 

Menyiapkan tabungan

Tidak kalah penting, yang harus kita persiapkan adalah tabungan. Tabungan ini bisa kita gunakan untuk biaya darurat ataupun biaya persiapan untuk membeli barang-barang kebutuhan rumah tangga dan juga untuk biaya pendidikan anak. 

Itulah tadi beberapa tips yang bisa kita lakukan agar keuangan tetap aman hingga akhir bulan. Tetapi jika dengan metode diatas masih mengalami masalah langkah apa yang harus dilakukan? 

Pertama adalah kita kurangi pos biaya makan, jadi mungkin yang biasanya seminggu beli anyam sebanyak 4 kali makan dana ini kita kurangi. Misalnya bisa diganti dengan telur dan juga lauk lainnya yang harganya lebih terjangkau. Selanjutnya juga uang untuk jajan maka bisa kita pangkas atau anggaran tersebut bisa kita alokasikan untuk kebutuhan yang lainnya yang lebih utama dan mendesak. 

Dengan mengatur keuangan didepan maka kita akan lebih mudah mengelola keuangan kita. Jadi usahakan selalu kelola keuangan diawal bulan, sehingga nantinya kita bisa memperkirakan kira-kira sisa uang kita hingga akhir bulan tinggal berapa. Melalui cara ini maka bisa melihat apakah kita harus berhemat lagi ataukah sisa uang yang ada bisa digunakan untuk anggaran jajan dan tabungan. 



Komentar

Postingan Populer