Yuk! Terapkan gaya hidup sehat melalui pola makan

Memiliki tubuh yang sehat adalah impian dari semua orang. Sebab dengan tubuh yang sehat bisa melakukan semua aktivitas dengan aman dan nyaman. Untuk menjaga kesehatan salah satu caranya adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Salah satu gaya hidup sehat yang mudah diterapkan adalah menjaga pola makan. 

Pola makan sehat mengacu pada kebiasaan mengonsumsi makanan yang mengandung semua unsur gizi seimbang untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Kita dikatakan memiliki pola makan yang sehat jika asupan harian kita mencakup jumlah seimbang air protein karbohidrat lemak vitamin mineral dan berasal dari bahan-bahan alami. 

Tips menjaga pola makan sehat

Berikut ini adalah tips untuk menjaga pola makan sehat

Hindari makanan tinggi lemak

Pastikan untuk membatasi asupan lemak yang sering ditemukan dalam makanan yang dimasak dengan minyak, mentega dan santan. Sebenarnya manusia masih membutuhkan lemak tetapi dalam jumlah yang banyak dan dari sumber yang lebih alami. Jadi daripada makan gorengan lebih baik memilih sumber lemak alami seperti kacang-kacangan atau biji-bijian.

Hindari makanan yang mengandung bahan pengawet

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung pengawet dalam jangka panjang dapat menyebabkan munculnya penyakit kanker. Maka dari itu hindari konsumsi makanan yang mengandung pengawet. Pengawet umumnya ditemukan dalam makanan kemasan termasuk makanan kaleng. Maka jika kita membeli makanan dalam kemasan pilihlah yang dengan jelas menyatakan bahwa tidak ada bahan pengawetnya. 

Pilih makanan yang diolah dengan cara tepat

Menggoreng atau memanggang tidak dianjurkan sebagai metode pengolahan makanan. Cara-cara ini merusak nilai gizi makanan jadi yang terbaik adalah memilih makanan yang dikukus atau direbus.

Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Banyak buah dan sayuran mengandung serat yang dapat mengikat karsinogen penyebab kanker. Hal lain yang perlu diingat adalah mencuci buah dan sayuran secara menyeluruh sebelum dimakan untuk menghindari kontaminasi bakteri dan residu pestisida.

Hindari Mengkonsumsi Jeroan, Lemak, Otak dan Kulit Ayam 

Jeroan ayam, lemak, otak dan kulit ayam adalah beberapa makanan yang kaya akan purin dan lemak. Jika dikonsumsi terlalu sering ada risiko asam urat dan penyakit jantung. Pilih daging tanpa lemak untuk membuat sup bening, susu kedelai rendah lemak, yogurt, putih telur dan ikan sebagai sumber protein terbaik.

Perbanyak konsumsi air putih

Sebagian besar tubuh manusia terdiri cairan yaitu sekitar 80%. Jika kita kekurangan cairan, maka kinerja organ vital akan ikut terganggu. Guna memenuhi kebutuhan cairan tersebut maka air putih merupakan pilihan yang paling baik. 

Kurangi konsumsi makanan yang mengandung pewarna buatan

Hindari makan atau minum minuman berwarna. Hindari makanan dan minuman berwarna seperti yang mengandung bahan kimia tambahan. Pilih makanan dan minuman dengan warna natural yang bening. Kecuali makanan yang mengandung pewarna makanan alami seperti stroberi dan coklat.

Hindari penggunaan MSG

Batasi penggunaan MSG dalam pengolahan makanan. Monosodium glutamat (MSG) telah dikaitkan dengan beberapa masalah kesehatan, jadi hindari sepenuhnya jika memungkinkan.

Dampak negatif penggunaan MSG

MSG adalah bahan tambahan yang digunakan untuk meningkatkan rasa. Rasa ini berasal dari asam amino non-esensial yang juga dikenal sebagai asam glutamat asam amino yang tidak dapat diproduksi tubuh. Mengkonsumsi 05 hingga 17 g MSG per hari biasanya tidak memiliki efek samping. Namun beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa dosis tinggi mycin dapat memiliki berbagai efek. Beberapa dampak dari penggunaan MSG berlebihan adalah sebagai berikut;

Menurunnya fungsi otak

Chinese Restaurant Syndrome ( Sindrom Restotran Cina)

Kanker

Obesitas dan kegemukan

Sakit kepala dan hipertensi

Alergi

Adiktif

Diabetes

Selain itu juga penggunaan MSG berlebihan juga menyebabkan otot kaku, nyeri sendi, kerusakan sistem syaraf seperti depresi, migrain, insomnia, juga disorientasi, penyakit parkinson, alzheimer, autisme dan uga dapat memicu masalah sistem pernafasan seperti bersin-bersin dan asma.

Demi menjaga pola makan sehat ada baiknya sejak sekarang kita mulai menghindari makanan yang mengandung MSG. Ganti dengan makanan yang sehat, yaitu makanan yang tanpa MSG, pengawet dan pewarna buatan. Salah satu produk makanan tanpa MSG yang bisa dijadikan pilihan adalah Mie Jiwa Pagi yang diproduksi oleh KOBE.

Mengenal Mie Jiwa Pagi dari KOBE

Produk mie instan Jiwa Pagi diperuntukkan bagi konsumen yang menginginkan menu makanan yang tidak hanya sehat tetapi juga enak. Bahan-bahan yang digunakan oleh Jiwa pagi siap mendukung gaya hidup sehat. Karena mie sehat ini tanpa MSG, terbuat dari sayur, mengandung vitamin A, B2, B9, zat besi serta zinc. Selain itu juga tidak mengandung pewarna buatan ataupun pengawet jadi lebih sehat. Untuk teksturnya juga disesuaikan dengan selara orang Indonesia. Bentuk mienya keriting dengan tekstur kenyal dan tidak mudah hancur saat direbus. 

Bagi yang melakukan diet makan mie instan sangatlah tidak dianjurkan karena mie instan tinggi akan kalori. Tetapi tidak dengan mie instan sehat jiwa pagi, orang yang sedang melakukan diet tetap bisa mengkonsumsi mie ini. Sebab mie jiwa pagi diproses dengan cara dipanggang bukan bukan digoreng. Sehingga mie jiwa pagi rendah kalori. Dengan mie tanpa MSG dari Kobe menjalankan program diet jadi lebih mudah dan menyenangkan. 

Yuk mulai hari dengan Jiwa Pagi, yang merupakan mie instan sehat lezat, tanpa kandungan MSG, bervitamin dan kaya akan nutrisi. Agar kita semakin semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Komentar

Postingan Populer