Resep Masakan Sehat Tanpa MSG

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, olaraga saja tidak cukup. Tetapi juga harus didukung dengan makan makanan yang sehat. Beberapa ciri dari makanan yang sehat adalah tidak mengandung pengawet dan pewarna buatan dan bahan kimia lainnya. 

Makanan sehat dibutuhkan tubuh untuk menjaga fungsi organ dan memastikan kinerjanya. Maka dari itu agar kesehatan tubuh tetap terjaga maka usahakan untuk makan-makanan sehat yang minim kandungan kimianya. 

Berbicara soal makanan, sekarang ini banyak sekali makanan yang diolah dengan menggunakan bahan penyedap buatan agar cita rasa masakannya semakin lezat. Adapun penyedap buatan yang biasa ditambahkan dalam bahan makanan adalah MSG atau Monosodium Glutamat. 

Setelah diberi MSG, makanan dapat menjadi sedap karena di dalam MSG tersebut terkandung asam sodium glutanik (glutanic acid sodium). MSG dapat digunakan dalam berbagai makanan yang memiliki rasa gurih termasuk daging, ikan, berbagai sayuran, berbagai saus, berbagai sup dan berbagai bumbu. MSG menimbulkan gabungan rasa yang baik antara rasa asin dan asam.

Memang hingga saat ini penggunaan MSG masih menjadi perdebatan. FDA menerima banyak laporan mengenai reaksi negatif terhadap makanan yang mengandung MSG. Adapun gejala yang bisa muncul tersebut, antara lain: 

Sakit kepala;

Berkeringat;

Terasa ada tekanan pada wajah atau sesak;

Mati rasa, kesemutan atau sensasi terbakar di wajah, leher dan area lainnya;

Detak jantung berdebar cepat;

Sakit dada;

Mual;

Tetapi hingga sekarng para peneliti belum menemukan bukti pasti tentang hubungan antara MSG dan gejala-gejala ini. Namun, para peneliti mengakui bahwa sebagian kecil orang mungkin memiliki reaksi jangka pendek terhadap MSG.

Meskipun demikian saya lebih baik meminimalisir bahkan kalau bisa menghindari penggunaan MSG dalam olahan masakan saya. Lebih baik mencegah sebelum terkena dampak negatifnya. 

Biasanya makanan sehat identik dengan rasanya yang tidak enak. Untuk mengatasi hal tersebut kemudian saya mencari resep masakan sehat tanpa MSG melalui internet. Senangnya, akhirnya saya menemukan kumpulan resep masakan sehat tanpa MSG di dapurkobe. Dan pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi mengenai resep masakan sehat tersebut. Yuk disimak baik-baik ya... 

Kumpulan Resep Masakan Sehat Non MSG

Resep Ayam Goreng Non Msg

Resep Ayam Goreng Non MSG adalah salah satu menu ayam goreng rumahan yang sehat. Cara membuat ayamnya sangat sederhana sehingga bisa menjadi resep ayam paling praktis di rumah. Hanya menggunakan Tepung Serbaguna Kobe Premium, selanjutnya ayam yang sudah dibalurin tepung tadi digoreng hingga matang. Tepungnya bebas MSG tapi tetap terasa seperti ayam goreng yang renyah dan enak. Menu mudah dan sangat praktis ini wajib kalian coba. 

Hasil: 4 porsi

Waktu masak: 25 menit

Bahan: 1/2 ekor ayam potong menjadi 4 bagian

100 ml air

1 bungkus Kobe Tepung Serbaguna Premium (200gr)

minyak goreng secukupnya

Cara membuat Ayam Goreng Non Msg

Step 1 Potong ayam. Cuci bersih dan rendam dalam air.

Step 2 Panaskan minyak dalam wajan. Ambil ayam dalam air dan lumuri dengan tepung kering Kobe Tepung Serbaguna Premium. Cubit-cubit ringan.

Step 3 Goreng ayam dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Step 4 Ayam Goreng Non Msg siap disajikan.

Curcuma Friedrich Chicken

Resep dapur Kobe selanjutnya adalah kreasi ayam goreng Curcuma Fried Chicken atau ayam goreng temulawak. Meskipun menggunakan bumbu rempah dan tepungnya tanpa micin tapi rasa ayam gorengnya sangatlah lezat. Cara membuat Curcuma Fried Chicken juga mudah sekali, yaitu dengan menggunakan Kobe Tepung Serbaguna Premium yang tanpa MSG dan dicampurkan dengan bubuk curcuma. Ini merupakan salah satu inspirasi ayam goreng resto yang sehat dengan kandungan temulawak dan vitamin dari tepungnya. Maka dari itu, kalian harus mencoba menu ayam goreng temulawak ini, karena renyahnya menggoda dan gurihnya bikin nagih. 


Hasil: 6 porsi

Waktu masak: 30 menit

Bahan

minyak goreng secukupnya

1 bungkus Kobe Tepung Serbaguna Premium (200gr)

350 ml air

1/2 ekor ayam (potong 6)

1/3 sendok makan bubuk curcuma (temulawak)

Cara membuat Curcuma Fried Chicken

Rendam ayam dalam air.

Siapkan wadah. Campurkan tepung kering Kobe Tepung Serbaguna Premium dengan bubuk curcuma / temulawak. Aduk rata.

Balurkan ayam ke dalam tepung kering hingga terbalur rata. Cubit-cubit dengan ujung jari. Sisihkan.

Gorengan ayam dalam minyak panas terendam dengan api sedang hingga kuning kecoklatan.

Angkat dan sajikan.

Resep Ayam Crispy Gandum

Resep masak enak dan masak lezat yang harus kalian coba selanjutnya adalah Ayam Crispy Gandum. Resep Ayam Renyah Gandum Resepnya adalah ayam goreng crispy dengan topping campuran gandum. Ayam crispy ini memiliki rasa yang gurih pedas dengan tekstur yang renyah dan tambahan bumbu yang gurih. Rasa pedasnya unik karena bumbunya diracik dengan perpaduan BonCabe level 15 dan BonCabe Nori. Untuk membuat resepnya cukup mudah yaitu cukup goreng ayam dengan menggunakan Kobe Tepung Serbaguna Premium. Selanjutnya aduk dengan tumisan gandum dan Saus Tiram Selera. Kreasi lezat dan sehat dengan ayam goreng siap menemani sajian nasi hangat. Menu ayam tepung crispy ini pasti bikin ketagihan. 

Hasil: 3 porsiWaktu masak: 30 menit

Bahan

200 gram ayam dada fillet

air secukupnya

1 bungkus Kobe Tepung Serbaguna Premium (200gr)

minyak goreng secukupnya

margarin secukupnya

2 siung bawang putih (cincang)

50 gram bawang bombay (cincang kasar)

1 sachet Saus Tiram Selera

50 gram gandum (sangrai)

1 sachet BonCabe level 15, rasa Original

1 sachet BonCabe level 3, rasa Nori


Cara membuat Ayam Crispy Gandum

Bersihkan ayam, potong-potong dan rendam dalam air.

Ambil ayam dan baluri dengan Kobe Tepung Serbaguna Premium. Goreng hingga kuning kecolatan.

Panaskan margarin. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Masukkan Saus Tiram Selera, air dan gandum. Aduk rata.

Masukkan ayam, tambahkan BonCabe level 15 dan BonCabe Nori. Aduk sampai rata.

Angkat dan Ayam Crispy Gandum siap disajikan.

Keunggulan Kobe Tepung Serbaguna Premium

Kobe Tepung Serbaguna Premium adalah tepung bumbu sehat tanpa MSG yang mengandung berbagai vitamin untuk pemenuhan kelengkapan nutrisi mulai dari vitamin B2, B9, Zat Besi, Zinc dan Kalsium.

Adapun bahan yang digunakan untuk membuat Kobe Tepung Serbaguna Premium adalah rempah asli pilihan dengan aroma gurih khas bawang putih yang diproses secara modern. Cita rasa gorengan menjadi lezat berbumbu dengan tekstur yang renyah dan aroma yang harum menggoda selera makan. Yuk tunjukkan cinta tanpa micin pada keluarga dengan Kobe tepung bumbu.

Tepung Serbaguna Premium dari Kobe ini sangat praktis digunakan untuk membuat hidangan sehari-hari dan juga sangat cocok untuk membuat hidangan yang menggunakan resep Indonesia seperti membuat aneka kreasi gorengan dari ayam, hidangan laut, tahu, tempe dan lain sebagainya.

Adapun keunggulannya adalah

  • Tanpa MSG
  • Mengandung Zat Besi, Serat Pangan, Vitamin B2, Vitamin B9, dan Mineral Zinc
  • Tanpa pengawet dan tanpa pewarna buatan

Yang penasaran dengan Kobe Tepung Serbaguna Premium, kalian bisa membelinya di marketplace Shopee dan Tokopedia Kobe Official Store. Dengan Kobe Tepung Serbaguna Premium membuat makanan sehat yang memiliki cita rasa gurih dan nikmat bisa dengan mudah kita buat. Dan jangan lupa kunjungi website dapur Kobe untuk mendapatkan resep masakan Indonesia lainnya


Komentar

Postingan Populer