Langsung ke konten utama

Featured Post

Berlibur ke Bonbon Land Denmark bersama Keluarga

https://www.pexels.com/id-id/foto/bendera-denmark-2862156/ Saat ini kamu bisa memanfaatkan KTA dari bank untuk pergi liburan. Jadi tidak perlu pusing-pusing lagi jika ingin mengajak keluarga untuk traveling, termasuk traveling ke luar negeri.  Beberapa pilihan destinasi di Denmark Denmark bisa jadi pilihan destinasi yang tepat jika kamu dan keluarga berencana untuk liburan. Apalagi di Denmark ada BonBon Land yang menawarkan banyak sekali keseruan untuk keluargamu.  Wahana Seru di Bonbon Land BonBon Land ini merupakan salah satu taman hiburan terunik di dunia. Unik karena konsep taman hiburannya malah fokus ke kotoran dan hal-hal yang berbau humor. Di sana kamu bisa menemukan beragam wahana berikut: Roller Coaster Ada banyak pilihan roller coaster yang bisa kamu temui di BonBon Land. Namanya juga berbeda-beda, ada Hundeprutterutchebane, Vild-Svinet, Hankatten, dan ada juga Viktor Vandorm. Meskipun berbeda-beda, semua roller coaster ini menawarkan keseruan dan memacu adrenalin. Dijamin s

Makanan untuk jantung sehat

Penyakit jantung adalah penyakit yang bisa mengintai siapa saja. Bahkan banyak yang tidak mengetahui bahwa seseorang punya penyakit jantung. Terkadang mereka mengetahui jika kondisinya sudah parah. Maka dari itu kita harus waspada terhadap penyakit ini. Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan jantung adalah mengkonsumsi makanan yang sehat. 

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan sehat yang bagus untuk menjaga kesehatan jantung

1. Sayuran hijau

sayuran hijau kaya akan kandungan nitrat. Nitrat merupakan kandungan yang terbukti efektif untuk menurunkan tekanan darah, mengurangi kekakuan pada pembulu darah. Sayuran hijau tidak hanya baik untuk jantung, tetapi juga sangat baik bagi penderita tekanan darah tinggi. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi sayur bisa mengurangi resiko penyakit kardiovaskular hingga 15, 8%. Hal ini karena kandungan yang terdapat dalam sayuran hijau memicu penurunan resirkulasi asam empedu. Penurunan ini mengakibatkan berkurangnya penyerapan lemak, sehingga risiko terkena penyakit jantung berkurang. 

2. Konsumsi gandum utuh

Konsumsi gandum utuh dapat menurunkan kadar LDL sebab gandum adalah makanan yang kaya akan serat. Selain bagus untuk menurunkan kadar LDL makanan kaya serat juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan kardiovaskular lainnya.  

Studi di tahun 2016 menunjukkan bahwa konsumsi gandum untuk dapat menurunkan 21% risiko penyakit jantung koroner, 16% risiko penyakit kardiovaskular, 11% risiko kanker, dan 18% penyakit penyebab kematian. Maka dari itu kita bisa memasukkan gandum utuh dalam menu harian kita

3. Buah berry

Buah berry merupakan salah satu buah yang kaya akan antioksidan. Salah satunya adalah antosianin, yang merupakan jenis antioksidan yang sangat baik untuk mencegah terjadinya penyakit jantung. Antosianin bekerja dengan membatasi stres oksidatif dan peradangan.

Selain kaya dengan antosianin, buah berry juga mengandung beberapa jenis polifenol yang berfungsi anti peradangan yang dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi, dan baik untuk perbaikan gangguan metabolisme lemak tubuh.

4. Konsumsi kacang dan biji-bijian

Beberapa jenis kacang dan biji-bijian merupakan makanan yang baik untuk kesehatan jantung. Misalnya mengkonsumsi kacang kenari dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Hal ini karena kenari dapat mengurangi kadar LDL sebanyak 9-16%, dan menurunkan tekanan darah sampai 2-3 mm Hg.

Selain kenari, kacang kedelai juga bisa menjadi pilihan. Karena kandungannya yang tinggi asam lemak tak jenuh ganda, serat, vitamin, mineral, serta rendah lemak jenuh. Itu sebabnya kacang kedelai juga dikenal baik bagi kesehatan jantung dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

5. Ikan tinggi lemak

Beberapa jenis ikan yang tinggi akan lemak adalah salmon, sarden, tongkol, kakap, dan tuna. Disebutkan konsumsi ikan dalam jangka panjang berkontribusi pada kondisi lemak tubuh yang lebih baik. Selain itu, tekanan darah dan kadar gula dalam darah pun lebih terkontrol.

Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi ikan paling tidak satu kali dalam seminggu selama 30 tahun dapat membuat kita merasakan manfaat baiknya. Studi menyebutkan bahwa ada penurunan risiko penyakit kardiovaskular. 

6. Konsumsi buah alpukat

Konsumsi buah alpukat diketahui dapat menurunkan kadar LDL yang berdampak buruk pada kesehatan jantung. Hal Ini karena buah alpukat kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA), yang dapat menggantikan asupan lemak jenuh (SFA) dalam upaya menurunkan kadar LDL.

Nah itulah tadi beberapa makanan sehat yang bisa kita konsumsi untuk menjaga agar terhindar dari risiko penyakit kardiovaskular.

Komentar

Postingan Populer