Langsung ke konten utama

Featured Post

Berlibur ke Bonbon Land Denmark bersama Keluarga

https://www.pexels.com/id-id/foto/bendera-denmark-2862156/ Saat ini kamu bisa memanfaatkan KTA dari bank untuk pergi liburan. Jadi tidak perlu pusing-pusing lagi jika ingin mengajak keluarga untuk traveling, termasuk traveling ke luar negeri.  Beberapa pilihan destinasi di Denmark Denmark bisa jadi pilihan destinasi yang tepat jika kamu dan keluarga berencana untuk liburan. Apalagi di Denmark ada BonBon Land yang menawarkan banyak sekali keseruan untuk keluargamu.  Wahana Seru di Bonbon Land BonBon Land ini merupakan salah satu taman hiburan terunik di dunia. Unik karena konsep taman hiburannya malah fokus ke kotoran dan hal-hal yang berbau humor. Di sana kamu bisa menemukan beragam wahana berikut: Roller Coaster Ada banyak pilihan roller coaster yang bisa kamu temui di BonBon Land. Namanya juga berbeda-beda, ada Hundeprutterutchebane, Vild-Svinet, Hankatten, dan ada juga Viktor Vandorm. Meskipun berbeda-beda, semua roller coaster ini menawarkan keseruan dan memacu adrenalin. Dijamin s

Cara mengatasi flu

 


Penyakit flu atau influenza adalah penyakit yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Penyakit ini bisa menyerang orang dari berbagai usia. Mulai anak-anak, orang tua hingga orang dewasa. Penyakit ini sebenarnya termasuk ringan tetapi jika kita terkena flu maka aktivitas kita akan terganggu. Sebab penyakit flu membuat kondisi fisik kita lemah sehingga kita sulit untuk melakukan aktivitas harian. Supaya penyakit ini segera sembuh dan tidak menganggu aktivitas kita maka kita perlu mengetahui cara mengatasi flu dengan cepat. 

Selama ini orang menganggap bahwa penyakit flu sama dengan penyakit pilek. Meskipun memiliki kesamaan gejala tetapi flu dan pilek disebabkan oleh faktor yang berbeda. Pilek merupakan gangguan saluran pernapasan atas yang disebabkan olehvirus. Diantaranya 100 jenis virus penyebab pilek, virus rhinovirus paling mudah menularkan pilek dan menyebabkan bersin. Selain disebabkan oleh virus, pilek juga disebabkan oleh alergi. Dibandingkan dengan flu gejala pilek jauh lebih ringan sehingga tidak menganggu aktivitas kita. 

Penyakit influenza merupakan infeksi virus yang menyerang saluran pernapasan mulai dari hidung tenggorokan hingga ke paru-paru. Ada tiga jenis virus penyebab flu yaitu influenza A, influenza B, dan influenza C. Virus yang menyebabkan penyakit flu adalah Penyakit ini merupakan penyakit yang mudah menular ke orang lain. Kecepatan penularannya semakin tinggi saat 3-4 hari pertama setelah penderitanya terinfeksi. Bahkan sebelum muncul gejalanya penderita flu bisa menularkan penyakitnya ke orang lain. Gejala flu biasanya datang secara mendadak dan lebih parah jika dibandingkan dengan gejala pilek. Sehingga penyakit ini bisa menganggu aktivitas kita. Berbeda dengan pilek jika tidak ditangani secara serius penyakit flu dapat menyebabkan radang paru-paru (pneumonia) 

Cara penularan

Kita bisa tertular penyakit flu dari orang yang merupakan derita penyakit flu. Penularannya bisa melalui percikan air liur diudara ketika penderitanya batuk atau bersin. Oleh karenanya ketika mengalami flu hendaknya kita tutup menggunakan siku atau tangan saat bersin atau batuk. Supaya penyakit flu tidak menular ke orang lain. Selain itu juga menyentuh anggota tubuh seperti mulut dan hidung setelah tangan kita menyentuh benda/barang yang sudah terkontaminasi virus juga juga bisa menjadi penyebab kita tertular flu. 

Gejala flu

Badan teras pegal-pegal, ngilu dan lemah

Mengalami batuk 

Sakit kepala.

Sakit tenggorokan.

Bersin-bersin

 Hidung tersumbat atau beringus/meler.

Nafsu makan menurun hingga kehilangan nafsu makan.

Demam (sampai atau bahkan lebih dari 40°C)

Panas dingin dan nyeri otot

Sakit mata, mata terasa pedih

Suara serak

Faktor risiko yang menyebabkan seseorang mudah terkena influenza/flu

1. Usia

Flu cenderung menyerang balita dan anak-anak. Hal ini karena anak-anak sistem imunnya baru berkembang dan orang tua sistem imunnya mengalami perubahan seiring bertambahnya usia. Biasanya anak usia dibawah 1 tahun dan orang tua diatas 65 tahun cenderung lebih mudah terserang flu

2. Lingkungan tempat tinggal

Lingkungan tempat tinggal juga berpengaruh terhadap penularannya penyakit flu. Jika dilingkungan tersebut sanitasinya buruk maka menyebabkan perbagai macam penyakit mudah berkembang, tidak terkecuali penyakit flu. 

3. Sistem kekebalan tubuh lemah

Seseorang yang memiliki sistem imun tubuh yang lemah memiliki potensi yang lebih besar terkena flu dibandingkan dengan seseorang yang memiliki sistem imun yang kuat. Adapun golongan orang yang memiliki sistem imun yang lemah di antaranya penderita HIV/AIDS, orang yang sedang melakukan pengobatan kanker dan pengguna obat kortikosteroid. 

4. Memiliki penyakit kronis

Memiliki penyakit medis tertentu seperti diabetes, asma, penyakit jantung, atau obesitas dapat meningkatkan risiko komplikasi akibat infeksi flu. 

5. Ibu hamil

Ibu hamil juga rentan terkena infeksi flu, utamanya pada saat trimester dua dan tiga. Ibu hamil lebih berisiko mengalami infeksi karena perubahan hormon dan fungsi sistem kekebalan tubuh. 

Pencegahan Flu

Seperti yang kita ketahui bahwa virus flu dapat menyebar melalui batuk, bersin dari penderita flu serta menyentuh benda-benda yang sudah terkontaminasi virus flu. Maka dari itu, langkah terbaik untuk mencegah terjadinya flu adalah dengan selalu menjaga kebersihan tangan kita. Jadi usahakan untuk selalu mencuci tangan setelah selesai melakukan aktivitas dan selalu menggunakan masker saat bepergian. Selain itu, cara pencegahan flu juga bisa dilakukan dengan pemberian vaksin. 

Cara mengatasi flu

Sebenarnya penyakit flu bisa sembuh dengan sendirinya tetapi kita bisa melakukan pengobatan untuk mengurangi gejala dan mempercepat proses penyembuhan. Berikut ini adalah cara mengatasi flu

1. Menggunakan obat-obatan

Karena flu disebabkan oleh virus maka flu tidak bisa disembuhkan dengan antibiotik. Tetapi kita bisa menggunakan jenis obat-obatan lain untuk mengurangi gejala flu. Adapun obat yang bisa digunakan untuk mengatasi gejala flu adalah obat non aspirin seperti acetaminophen, ibuprofen, paracetamol dan dekongestan. 

2. Menghirup uap hangat

Untuk mengatasi hidung yang tersumbat kita bisa menggunakan uap air hangat. Sebab uap air hangat mampu mengencerkan ingus yang ada dihidung. Sehingga jalan nafas menjadi lega. Adapun caranya adalah dengan merebus air setelah panas air tersebut kemudian ditaruh ke dalam baskom. Selanjutnya tundukkan kepala kita diatas baskom untuk menghirup uap air panas tersebut. 

3. Menggunakan minyak esensial dan rempah 

Ketika kita menghirup uap air panas kita bisa menambahkan minyak esensial ke dalam air panas tersebut. Misalnya kita bisa menambahkan minyak Eucalyptus. Minyak ini mampu melonggarkan otot-otot hidung dan mampu mengatasi hidung tersumbat. Selain itu aromanya juga memberikan efek relaksasi, sehingga tidur menjadi lebih nyenyak 

4. Minum air putih yang banyak

Ketika kita sakit jumlah cairan dalam tubuh berkurang. Supaya tubuh tetap bisa melawan penyakit maka perlu minum air yang banyak. Minum air yang banyak juga membantu mengencerkan lendir dibawah hidung dan mengurangi penyumbatan di hidung. Sehingga jalan nafas menjadi lebih lega dan lancar. 

5. Berkumur dengan air garam hangat

Saat mengalami flu biasanya tenggorokan akan terasa gatal. Untuk mengatasinya kita bisa berkumur dengan air garam hangat. Tidak hanya itu, air garam mampu menarik kelebihan air dalam tenggorokan yang mengalami peradangan. Selain itu air garam juga dapat mengencerkan lendir atau dahak yang menyumbat saluran pernapasan. 

6. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup sangat dibutuhkan supaya kita lekas sembuh. Sebab dengan istirahat yang cukup akan dapat membuat tumbuh kembali prima. Sehingga sistem imun juga akan meningkat dan siap untuk melawan virus penyebab penyakit. 

7. Mengkonsumsi makanan yang bergizi

Ketika tubuh sakit maka kita membutuhkan makanan yang bergizi supaya tubuh kembali bugar dan sistem imun tubuh akan meningkat. Sistem imun tubuh yang kuat akan memudahkan tubuh melawan penyakit. Sehingga penyakit yang kita alami akan cepat sembuh. 

8. Mandi air hangat

Mandi air hangat selain membuat tubuh terasa lebih nyaman, uap dari air panas juga akan membuat lendir di dalam hidung menjadi lebih encer. Sehingga lendir tersebut lebih mudah untuk dikeluarkan dan saluran pernapasan jadi lebih lancar. 

Itulah tadi beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi flu supaya lekas sembuh. Supaya kita terbebas dari penyakit flu, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan. Sebab kebersihan awal dari kesehatan. 


Komentar

Postingan Populer