Cara Mudah Mengusir Rasa Bosan

 


Ketika liburan panjang atau dirumah saja kita cenderung mengalami kebosanan. Hal ini karena aktivitas yang monoton. Maka dari itu kita perlu melakukan aktivitas lain yang lebih variatif supaya rasa bosan hilang dan kita jadi lebih produktif. 

Sebenarnya mencari kegiatan yang kreatif tidaklah sulit. Ada banyak kegiatan sederhana yang bisa menghilangkan rasa jenuh dan kita bisa kembali bersemangat dalam menjalani rutinitas harian. Kegiatan sederhana ini jika kita lakukan bersama anggota keluarga tentu akan membuat suasa lebih bahagia dan gembira lagi.

Cara mudah mengilangkan rasa bosan

Nah berikut ini adalah kegiatan-kegiatan yang bisa kita lakukan untuk mengusir rasa bosan.

1. Berkebun

Salah satu kegiatan untuk menghilangkan rasa bosan adalah dengan berkebun. Berkebun ini akan membuat pikiran kita lebih freh. Ada banyak jenis tanaman yang bisa kita tanam untuk berkebun. Misalnya bayam, cabe, tomat dan kangkung. Tanaman ini selain bisa kita konsumsi sendiri jika jumlahnya banyak kita bisa menjualnya. Dengan cara yang demikian selain kita lebih hemat kita juga bisa mendapatkan penghasilan dari kegiatan berkebun ini. 

Jika kita tidak memiliki lahan yang luas, maka kita bisa menggunakan pot untuk tempat tanaman tersebut. Kita bisa memanfaatkan ember-ember bekas ataupun plastik bekas bungkus dari minyak goreng. Selain lebih hemat karena kita tidak membeli pot bunga cara ini juga merupakan salah satu untuk menjaga kebersihan lingkungan.

2. Menjahit

Menjahit juga merupakan cara yang bisa kita lakukan untuk mengusir rasa jenuh. Tidak perlu khawatir kesulitan belajar jahit,  saat ini jika ingin belajar menjahit juga jauh lebih mudah. Sebab kita bisa belajar melalui YouTube. Kita bisa belajar cara membuat pola baju, celana dan juga cara membuat kreasi dari kain sisa. Kegiatan menjahit itu jika kita tekuni bisa juga menjadi salah satu kegiatan yang menguntungkan. Karena jika kita sudah ahli kita bisa membuka usaha jahit. 

3. Memasak

Memasak ini merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Terlebih lagi jika kegiatan tersebut dilakukan bersama dengan anggota keluarga kita. Memasak bersama selain menambah kedekatan antar anggota keluarga juga salah satu cara untuk mengasah skill memasak kita. Siapa tahu dari kegiatan memasak ini selanjutnya kita memiliki keahlian dalam membuat berbagai aneka masakan. Sehingga nantinya skill ini bisa kita jadikan bekal dalam membuka bisnis kuliner. Berawal dari kegiatan memasak akhirnya kita bisa membuka usaha.

4. Membersihkan rumah

Saat hari kerja kemungkinan kita kekurangan waktu untuk membersihkan rumah. Nah, saat liburan atau saat dirumah saja ini kita punya banyak waktu luang. Jadi waktu luang tersebut bisa kita gunakan untuk membersihkan rumah. Mulai dari menyapu seluruh bagian rumah, membersihkan halaman rumah dan juga mengepel. Kegiatan ini memang cukup menguras tenaga. Sehingga kegiatan ini juga bisa jadi alternatif untuk kegiatan olahraga. Dengan demikian, selain rumah yang bersih badan kita juga lebih sehat. 

5. Merajut

Kegiatan merajut juga menjadi kegiatan yang bisa kita gunakan untuk mengusir rasa bosan. Merajut memang cukup rumit, tetapi jika kita telaten dalam belajar maka kita juga akan menghasilkan karya yang membuat kita bahagia. Untuk tahap awal kita bisa membuat model yang sederhana saja. Misalnya membuat kantong HP ataupun dompet. Selanjutnya jika sudah cukup ahli kita bisa membuat model yang lebih rumit lagi. Tentunya ketika kita berhasil membuat karya hati kita akan berbunga-bunga dan rasa bosanpun sirna.

6. Menulis

Menulis adalah salah satu cara untuk meluapkan perasaan yang kita alami. Jadi saat pikiran sedang jenuh, kita bisa mengungkapkan rasa jenuh kita melalui tulisan. Setelah menulis kita akan merasa lebih lega dan rasa jenuh tidak lagi terasa.

7. Menonton film favorit

Saat liburan merupakan saat yang tepat jika kita ingin menonton film favorit. Sebab kita memiliki waktu luang yang cukup banyak. Saat menonton film biasanya pikiran kita akan fokus terhadap jalan cerita dalam film tersebut. Sehingga rasa bosan yang kita alami akan teralihkan dengan adanya alur cerita yang ada dalam film favorit yang kita tonton.

Komentar

Postingan Populer