Tips melakukan investasi

Investasi merupakan salah satu cara agar mendapatkan tambahan pengahasilan. Sebagai pemula kita harus mengetahui cara yang benar agar investasi yang dilakukan aman dan mendapatkan keuntungan yang besar.

Nah berikut ini adalah beberapa hal yang harus kita ketahui sebelum melakukan investasi. 

1. Tentukan tujuan investasi

Langkah awal yang harus kita lakukan sebelum melakukan investasi adalah menentukan tujuan dari investasi yang kita lakukan. Apakah investasi itu kita bertujuan untuk biaya pendidikan anak, untuk membangun usaha atau membeli rumah. Dari tujuan ini kita bisa menentukan seberapa besar dana yang kita keluarkan dan juga berapa lama jangka investasinya.

2. Menyiapkan modal

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan modal. Dana yang harus kita siapkan harus disesuaikan dengan tujuan investasi kita. Untuk dana investasi kita bisa mengambil dari tabungan yang kita miliki.

Selain dana yang dikeluarkan disesuaikan dengan tujuan investasi juga bisa kita sesuaikan dengan dana yang akan dimiliki.  Tentunya jika kita ingin mendapatkan hasil yang banyak, maka dana yang harus kita investasikan harus besar pula. 

3. Memahami Profil Risiko

Dalam melakukan invest kita juga harus memahami risiko profip. Jadi kenali dulu, kita termasuk investor dengan profil risiko seperti apa. Berikut ini beberapa pfofil resiko

1. Konservatif: Cenderung takut berspekulasi, biasanya mengalami invest yang rendah risiko.

2. Moderat: Biasanya lebih berani mengambil resiko dibandingkan dengan tipe konservatif.

4. Tentukan jangka investasi

Kita juga harus menentukan jangka waktu dalam melakukan investasi. Penentuan jangka waktu ini harus kita sesuaikan juga dengan kebutuhan kita. Jika dana tersebut memang dikhususkan untuk investasi maka kita simpan dalam jangka waktu yang lama. Sehingga hasilnya lebih banyak.  Sebaliknya jika dana tersebut akan digunakan dalam waktu yang depat maka kita ambil investasi yang jangka pendek

5. Memilih Platform Investasi

Saat ini perkembangan dunia digtal semakin cepat dan juga memudahkan orang-orang dalam melakukan investasi. Sekarang investasi bisa dilakukan secara online, sebab telah hadir platform digital yang memfasilitasi investasi online.

Ketika memiliki platform investasi, pastikan platform tersebut memiliki reputasi yang bagus dan sudah diawai OJK

Agar memahami bagaimana tentang investasi, memang dibutuhkan praktek. Tetapi dengan mengetahui pengetahuan mendalam terkait investasi akan sangat membantu sekali agar investasi kita hasilnya bisa maksimal.

Komentar

Postingan Populer